Translate

Selasa, 08 Januari 2013

Menentukan Arah Dan Tujuan Hidup

Cara Menentukan Tujuan Hidup
Leave a comment » menentukan tujuan hidup
Apakah Anda sudah menemukan cara mentukan Tujuan hidup 2013?
Jika belum silahkan terus membaca…. Jika sudah, silahkan terus membaca juga….
Sebaiknya dalam menentukan tujuan hidup, kita perlu menentukan tujuan-tujuan dalam aspek kehidupan kita.

6 Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tujuan hidup
1.Karir
Memulai bisnis yang menguntungkan sesuai dengan hobi anda; menemukan pekerjaan yang memuaskan; menjadi profesional yang terbaik di bidangnya, maupun di industri. Level apa yang ingin anda capai dalam karir?
2.Keluarga
Menemukan dan menikahi belahan jiwa anda; memiliki anak yang sehat dan baik; menghabiskan waktu bersama orang- orang terpenting dalam hidup anda.(mis: berlibur) Bagaimana anda ingin dilihat oleh pasangan atau keluarga? 3.Kesehatan
Mulai olah raga semingu 2x. Memiliki energi dan kekuatan untuk melakukan semua yang anda inginkan; terlihat dan merasa fit; memperlambat penuaan. Apa anda memiliki target untuk tubuh anda dan melakukan sesuatu untuk mencapainya?

4.Sosial
Setiap bulan memberikan donasi kepada yayasan/panti; menjadi sukarelawan di panti jompo; mengadvokasi anak muda korban narkoba dan kekerasan. Bagaimana anda ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik?

5.Keuangan
Memiliki 1 triliun rupiah dalam investasi dan aset; berbagai sumber penghasilan pasif; uang lebih dari cukup untuk hidup sesuai level yang anda inginkan. Berapa banyak yang ingin anda hasilkan, dan kapan batas waktunya?

6.Pengembangan diri
Memiliki kemampuan untuk mengontrol perasaan dan tindakan dalam segala situasi; belajar memaafkan; hidup bahagia dan rukun dengan sesama. Apa ada kebiasaan yang ingin anda ubah? Apa ada keahlian dan pengetahuan yang ingin anda pelajari?

Dalam suatu studi melibatkan 1,500 anak berbakat, Dr. Lewis Terman dari Stanford University mencari tahu hubungan antara kepintaran dan pencapaian dalam hidup.
Hasil penemuannya luar biasa: IQ bukan bahan utama untuk sukses, melainkan tiga faktor yaitu : kepercayaan diri, ketekunan, kecenderungan menetapkan tujuan.
Jadi, kita memerlukan 3 hal di atas untuk menentukan tujuan hidup kita
Bermimpilah sebesar- besarnya, visualisasikan pencapaian anda, dan bayangkan anda mencapai tujuan- tujuan tesebut. Lihatlah hari- hari yang akan anda jalani, perasaan anda, dan kepuasan anda.
Segera tuliskan mimpi- mimpi tersebut. Anda bisa mengambil secangkir kopi dan memutar lagu favorit sembari kembali ke masa kanak- kanak memikirkan masa depan anda. Tuliskan sebanyak- banyaknya, karena anda akan menyeleksinya.
Target yang tercapai umumnya memiliki karakteristik berikut:
 S - Specific (atau Signifikan)
M - Measurable (atau Dapat diukur)
 A - Attainable (atau Dapat dicapai)
R - Relevant (atau Relevan)
 T - Time-bound (atau Memiliki batas waktu)

Contohnya, dibandingkan “Membeli rumah pertama”, akan lebih baik menuliskan “Membeli rumah minimalis 6-kamar, dengan luas Tanah 500m2 , jarak maksimum 30 menit dari kantor, saya memperolehnya sebelum akhir tahun, Luas tanah sekitar” .

Tentunya target ini baru akan tercapai setelah ada persiapan yang matang. Cobalah menuliskan target- target anda dengan kalimat aktif positif, seperti “Menguasai teknik hypnoterapy yang efektif dengan hasil yang lebih baik” dibandingkan “Tidak mengulangi kesalahan bodoh saat menerapi seseorang”. Setelah itu, tentukan prioritas dari setiap target, supaya anda dapat mencapainya satu-persatu, dimulai dari yang paling penting buat anda, tetapi membutuhkan paling sedikit sumber daya. Tulislah tujuan-tujuan anda pada tempat yang sering Anda lihat seperti : Laptop, tablet, HP, Kaca rias dll. Belajarnya min. 15menit sehari untuk memvisualisasikan bahwa Anda sudah menerima tujuan hidup yang paling Anda prioritaskan. Dan ijinkan diri Anda menerima apa yang Anda ingin kan, karena Anda layak dan pantas menerimanya  

Di Ceritakan kembali dari / Copy Paste dari : Indra Widaryanto http://indrawidaryanto.com/cara-menentukan-tujuan-hidup